Tehran,LiputanIslam.com—Setahun, sejak koalisi Saudi di Yaman membombardir bus sekolah dan membunuh 41 orang siswa, agresi atas Yaman setidaknya telah membunuh dan melukai sekitar 1.000 orang anak di Yaman.

Berdasarkan data yang dilansir oleh Oxfam Internasional, 335 anak di Yaman dikabarkan terbunuh dan 590 lainnya mengalami luka-luka.

Insiden pengeboman bus sekolah oleh pesawat udara Saudi pada Agustus 2018 silam dikategorikan sebagai kejahatan perang. PBB menyebut berbagai serangan Saudi telah menargetkan infrastruktur sipil dan bertanggung jawab atas banyaknya korban sipil yang berguguran.

Kolonel Turki al-Maliki, jubir koalisi Saudi di negara itu berdalih pengeboman terhadap bus sekolah terjadi karena faktor ketidaksengajaan.

Baca: Pompeo Sebut AS Sangat Bergairah Bantu Agresi Saudi ke Yaman

Agresi Arab Saudi ke Yaman telah menelan korban jiwa sebanyak lebih dari 90.000 orang. Serangan ini menyisakan kelaparan dan tersebarnya berbagai macam penyakit di Yaman, yang oleh PBB disebut sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Berdasarkan laporan dari organisasi Save the Children, sekitar 85.000 anak-anak di Yaman telah meninggal akibat kelaparan. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*