Tel Aviv,LiputanIslam.com—Sejak beberapa dekade terakhir, hubungan Iran dan Israel semakin menegangkan. Para pejabat tinggi masing-masing saling mengeluarkan ancaman jika perang meletus. Minggu lalu, salah satu anggota parlemen Iran memperingatkan bahwa Israel akan segera berakhir jika AS menyerang Iran. Merespon ancaman ini, Netanyahu membalas jika seluruh rakyat Iran berada dalam jangkauan pesawat tempur Israel.

Bahkan Netanyahu mengaku, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) adalah satu-satunya militer di dunia yang bisa menghadapi Iran dalam perang.

“Pada waktunya nanti, hanya satu pasukan yang akan melawan Iran, pasukan itu adalah pasukan Israel,” ucap Netanyahu di depan para anggota keamanan nasional Israel, seperti dikutip Yerussalem Post pada Senin (15/7).

Netanyahu mengingatkan peranannya melawan persetujuan nuklir Iran (JCPOA) yang diaktori oleh Presiden AS, Donald Trump. Netanyahu khawatir jika persetujuan itu hanya akan memberikan kesempatan kepada Iran untuk memperluas kekuatannya.

Baca: Militer Iran, Kekuatan Ofensif Kami Akan Mematikan

Netanyahu adalah sosok begitu kuat mempengaruhi kebijakan Presiden AS, Donald Trump, untuk keluar dari JCPOA dengan tuduhan bahwa Iran berusaha menyembunyikan aktivitas nuklirnya dari dunia.

Iran telah berkali-kali menolak tuduhan itu dengan mengatakan bahwa Islam tidak pernah merestui pembuatan senjata pemusnah massal. Justru, Iran menyebut Israel sebagai satu-satunya negara di Timur Tengah yang memproduksi senjata nuklir selama beberapa dekade. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*