Sumber: Kementerian Pertahanan Iran

Tehran,LiputanIslam.com—Jenderal Alireza Sabahi Fard, komandan pangkalan pertahanan udara Khatam al-Anbiya di Iran mengumumkan bahwa negaranya kini telah memiliki radal terintegrasi yang bisa mendeteksi semua jenis pesawar tempur AS, termasuk pesawat siluman.

“Hari ini, kita telah berhasil membuat sistem radar yang bisa mendeteksi berbagai macam pesawat tempur AS dan memberikan mereka peringatan,” ucap Jenderal Sabahi di Tehran pada Senin (29/7) kemarin.

Jenderal tersebut juga memuji langkah pemerintah Iran terkait pengembangan sistem pertahanan yang menurutnya bisa membuat musuh berpikir beberapa kali untuk memulai perang melawan Republik Islam.

Kantor berita semi resmi Iran, Fars News, melaporkan bahwa bulan lalu Iran telah meluncurkan sistem rudal “Khordad 15” yang baru. Menurut Menteri Pertahanan Iran, Amir Hatami, sistem rudal tersebut bisa melacak target udara sejauh 150 km dan menghancurkannya saat berada di jarak 120 km.

“Sistem ini juga bisa melacak pesawat siluman dengan jarak 85 km dan menghancurkannya saat berada di jarak 45 km,” tambahnya.

Baca: Trump Sebut Iran Tak Pernah Kalah dalam Perundingan

Ketegangan antara Iran dan Washington terjadi pasca Donald Trump menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA). Penarikan itu disusul dengan serangkaian sanksi ekonomi atas Iran. Tak hanya dengan AS, konflik berlanjut antara Iran dan Inggris, pasca berlangsungnya aksi saling sita kapal tanker antar kedua negara. (fd/Sputnik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*