Sumber: Mahmoud Illean/AP

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Para pejabat Israel, termasuk Menlu dan Menteri Intelijen Israel menekankan perlunya meningkatkan hubungan antara Israel dan Negara-negara Arab.

“Tujuan saya, dengan dukungan penuh PM Benjamin Netanyahu, adalah bekerja untuk melakukan normalisasi hubungan,” ucap Menlu Israel, Katz, di depan anggota Knesset bidang urusan luar negeri dan pertahanan pada Selasa (6/8) kemarin. Menurutnya, tantangan ke depan adalah bagaimana melakukan perjanjian diplomatik dengan negara-negara Teluk.

Katz bersikeras bahwa pemulihan hubungan Israel dengan negara-negara Arab sebagai prioritas utama yang realistis. Dalam beberapa tahun ke depan, ia mengharapkan Israel bisa berdamai secara formal dengan beberapa negara arab.

Meskipun terdapat banyak perbedaan antara Israel dan negara-negara Arab perihal Palestina, namun Katz memandang kerjasama dari masing-masing pihak masih mungkin terjalin. Ia mengambil contoh hubungan perdagangan antara Israel dan Turki yang telah berlangsung, meski hubungan dengan Presiden Erdogan terlihat tegang.

Baca: Konferensi Bahrain Dibuat untuk Menormalisasi Hubungan Arab-Israel

Pada Juli lalu, Katz sempat berkunjung ke Uni Emirat Arab dalam konferensi PBB untuk membahas persoalan iklim. Di UEA, ia dikabarkan sempat bertemu dengan seorang pejabat senior yang namanya dirahasiakan. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*