Sumber: nu.or.id

Solo, LiputanIslam.com– Ketua Umum Gerakan Suluh Kebangsaan sekaligus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mahfud MD menegaskan bahwa Papua adalah bagian sah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap daerah yang tergabung dalam bangsa Indonesia harus dipertahankan dengan langkah apapun.

“Papua adalah bagian sah dari NKRI,” tegasnya pada acara Halaqah Alim Ulama dengan tema Menguatkan Ukhuwah Melalui Pendekatan Ibrah di Hotel Novotel Solo, Jawa Tengah, seperti dilansir NU Online pada Minggu (1/9).

Menurutnya, sebagai bagian sah dari bangsa Indonesia, maka peroalan Papua tidak ada celah untuk pisah, baik secara hukum nasional maupun hukum internasional. Sesuai dengan konstitusi, hukum Indonesia tidak mengenal referendum untuk penentuan nasib sendiri dari daerah yang sudah dikuasainya.

Berdasarkan TAP MPR Nomor VIII tahun 1998 telah mencabut TAP MPR Nomor IV tahun 1993 tentang Referendum. Kemudian lahir UU Nomor 6/1999 tentang Pencabutan UU Nomor 5/1985 tentang Referendum. Sehingga dalam sistem hukum Indonesia saat ini tidak mengenal referendum.

Baca: Mahfud MD: Pancasila Tidak Bisa Diganti Dengan Konsep Lain

“Dengan pencabutan ini, konstitusi maupun perundang-undangan di dalam sistem hukum Indonesia tidak mengakui atau mengenal lembaga atau model referendum,” tegasnya. (aw/NU/suaraislam).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*