LiputanIslam.com–Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyarankan agar pengurangan dampak asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di dalam ruangan bisa dengan menggunakan kain dakron yang dibasahi.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah di Indonesia memicu permasalahan Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan siaran pers Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Rabu, Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Krisi Kesehatan Kemenkes dr. Ahmad Yurianto mengatakan bahwa dua tahun lalu, Kemenkes telah bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung untuk melakukan uji coba di beberapa sekolah dan dilakukan pengukuran ISPU di dalam dan di luar kelas, ternyata udara lebih baik di dalam kelas karena terpasang kain dakron.

Menurut Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Krisi Kesehatan, Kemenkes dr. Ahmad pemasangan kain dakron yang dibasahi sudah terbukti efektif mencegah ISPA.

Teknologi tepat guna lainnya adalah oksigen konsentrator. Rencananya oksigen konsentrator ini akan digunakan oleh Puskesmas apabila hasil yang didapatkan bisa lebih baik.

Baca juga: Segala Upaya Dilakukan untuk Padamkan Kebakaran Hutan

Teknologi tepat guna ini bisa dijadikan contoh untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan akibat Karhutla.

“Ini bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya. Bisa kita gunakan untuk masyarakat. Jangan sampai kita telat lagi dalam pencegahan,” tambahnya. (Ay/Antara/Viva)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*