Sumber: liputan6.com

Pekanbaru, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pemerintah telah dan akan terus berupaya dengan segala cara untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau. Penambahan personel dan penyemprotan air dari darat sudah dilakukan. Begitu juga dengan water bombing dengan menggunakan total 52 pesawat.

“Artinya, ini segala upaya sudah kita lakukan tetapi memang, memang yang paling benar itu adalah pencegahan sebelum kejadian. Ini api satu langsung dipadamkan, satu padam, itu yang benar,” ucapnya di Pekanbaru, Riau pada Selasa (17/9).

Menurutnya, pemerintah juga terus melakukan pemadaman dengan hujan buatan. “Alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Nah ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam. Moga-moga, karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insyaallah di hari ini,” katanya.

Presiden mengingatkan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan. Bahkan Presiden Jokowi menegaskan akan menindak tegas bagi yang melakukan pembakaran. “Termasuk upaya hukum sudah kita lakukan baik yang perorangan, baik korporasi semuanya sudah ada tindakan tegas ke sana,” ujarnya.

Baca: BMKG Deteksi 138 Titik Panas di Riau

Tidak lupa juga memohon pertolongan Allah Swt. “Doa juga sudah kita panjatkan. Keridhaan-Nya juga sudah kita lakukan tadi salat, tadi malam juga, tadi juga Salat Istisqa (salat meminta hujan),” ungkap Presiden. (aw/setkab/kompas).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*