Sumber: suaramerdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 dilaksanakan secara serentak pada Sabtu (20/7). Kompetesi  yang dilakukan berjenjang sejak tingkat Kab/Kota ini mengalami peningkatan, yakni mencapai 146.533 siswa. Terdiri dari 44.836 siswa MI/SD; 53.103 siswa MTs/SMP dan 48.614 siswa MA/SMA.

“Tahun sebelumnya, kegiatan yang sama diikuti 104.000 siswa. Tahun ini, peserta meningkat hampir 30.000 siswa,” ucap Direktur Kurikulim Sarana Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, A Umar di Jakarta pada Sabtu (20/7).

Umar menjelaskan, KSM 2019 melombakan 11 bidang, untuk MI meliputi: Matematika  terintegrasi dan IPA Terintegrasi.  Untuk MTs terdiri atas IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi dan Matematika Terintegrasi. Sedangkan untuk MA terdiri atas Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, dan Geografi Terintegrasi.

“Semangat siswa mengikuti kompetisi ini menjadi momen besar, dan tonggak bagi pengembangan sains di madrasah yang bercirikan keislaman,” katanya.

“KSM diharapkan mampu menggali  siswa-siswa didik yang berprestasi dengan karakter Islam yang kuat dengan ditambah penguasaan  sains dan teknologi,” tambah Umar.

Baca: Pelajar Indonesia Raih Medali Emas Olimpiade Matematika di Thailand

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 Tingkat Nasional akan digelar di Manado Sulawesi Utara pada 16 – 21 September 2019  mendatang. (aw/kemenag/metrotvnews).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*