Sumber: Kumparan

Jakarta, LiputanIslam.com — Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) siap bersinergi bersama pihak lainn yang terkait dalam memerangi stunting di Tanah Air.

“Kementerian Kelautan dan Perikanan siap bersama-sama memerangi stunting ini,” kata Edhy Prabowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (5/11).

Menurut Edhy Prabowo, untuk program jangka pendek yang sederhana dalam mengatasi fenomena stunting adalah dengan membagi-bagi ikan melalui bantuan ibu-ibu PKK dalam kampanye KKP terkait Gemarikan atau gemar makan ikan.

Sedangkan untuk program jangka panjang, masih menurut dia, adalah dengan menggiatkan usaha budidaya ikan dalam rangka meningkatkan hasil produksi ikan.

Ikan merupakan salah satu sumber protein tinggi yang bermanfaat dalam mengatasi stunting pada anak.

Baca juga: 4.750 Anak Kupang Stunting Akibat Gizi Buruk

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI, Muhadjir Effendy menekankan dirinya akan mengkoordinasikan penanganan stunting (kekerdilan) pada anak dengan Kementerian PUPR dan Kementerian ESDM dalam pembangunan fasilitas terkait kesehatan.

“Kasus stunting, sanitasi lingkungan ternyata menjadi faktor yang sangat penting dan determinan dalam masalah stunting ini, maka saya akan ada berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral karena berkaitan dengan ketersedian air bersih” kata Muhadjir saat mengunjungi kantor Kementerian Kesehatan di Jakarta, Senin (4/11).

Ia menambahkan bahwa penanganan stunting dipimpin oleh Kementerian Kesehatan tetapi juga akan melibatkan banyak pihak. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*