Sumber: Nu.or.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siroj mengatakan bahwa Islam yang diperintahkan oleh Allah Swt ialah menekankan kualitas bukan legal formalitas. Islam yang tidak hanya tertumpu pada simbol melainkan pada peran dan fungsinya, sehingga dalam Al-Qur’an tidak tertulis ummatan Islamiyah melainkan ummatan wasathiyah.

Demikian hal itu disampaikan Kiai Said pada acara Halal bi Halal dan Seminar dalam rangka Harlah ke-47 Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, pada Rabu (17/7).

“Allah dalam hal ini menekankan kualitas, bukan hanya berpikir legal formal, bukan hanya simbol tapi peran, fungsi, dan kualitas yaitu agar litakuunu syuhada’a alannas,” ucapnya.

Peran yang dimaksud dalam Al-Qur’an tersebut yakni suhudan diniyan, hadhoriyan, tsaqofiyan, iqtishodiyan, adiyan, dan siyasiyan. Yaitu mengutamakan peran agama, peran budaya, peran peradaban, peran teknologi, peran ekonomi dan peran politik serta peran lain yang bisa menghidupkan suasana berbangsa dan bernegara.

Hal seperti itu tampak ketika Nabi hijrah ke Yastrib atau Kota Madinah. Disana hidup masyarakat yang majemuk, yakni terdiri dari para pendatang (muhajirin), Ansor (pribumi) dan non-Muslim. mereka juga berasal dari berbagai suku dan kelas sosial. Di Madinah, Nabi membangun semangat kebersamaan, gotong royong, toleransi, dan hidup berdampingan.

“Muslim pendatang Muslim pribumi asalkan satu cita-cita maka sesuggguhnya, maka semuanya satu umat oleh karena itu Nabi Muhammad tidak pernah memproklamasikan berdirinya negara Islam, konstitusi berdasarkan agama dan tidak pernah memproklamasikan negara berdasarkan suku, melainkan negara madinah,” tuturnya.

Baca: Jusuf Kalla: Bersyukur Jadi Orang Indonesia

Hadir juga pada acara itu Ketua Umum DMI yang juga Wakil Presiden RI H.M Jusuf Kalla, Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Wakil Presiden terpilih KH Ma’ruf Amin, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, dan pakar tafsir Indonesia Quraish Shihab. (aw/NU/LI).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*