Sumber: republika.co.id

Bogor, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah lelah untuk beramal positif dalam rangka mencerdaskan umat dan bangsa. Semangat yang dibangun Muhammadiyah, menurutnya adalah semangat memberi.

“Semangat kita adalah semangat memberi, jika kita diberi maka akan dikembalikan kepada masyarakat dan negara,” ucapnya pada Pengajian Daerah Muhammadiyah di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/8).

Haedar menyoroti dan mengkritisi perkembangan dakwah di tanah air oleh kelompok tertentu yang mulai mengarah kepada hal-hal negatif. Menurutnya, dalam menyampaikan dakwah, menyampaikan pesan-pesan agama tidak boleh egois. Tidak boleh memaksakan pandangan paling benar, bahkan sampai muncul ujaran kebencian.

“Jangan berteriak-teriak merasa paling berbuat, tapi mesti bekerja nyata. Perlu pembaruan dalam cara-cara kita berdakwah. Spirit surah al-Maun harus dilembagakan dalam praktik kehidupan. Ini ciri dakwah Muhammadiyah yang mencerahkan,” ungkapnya.

Baca: Haedar Nashir: Kebaikan Akan Kembali Pada Kita Sendiri

Selama di Bogor, Haedar meresmikan Panti Asuhan Leuwiliang, SunMart Muhammadiyah Cilengsi, Rumah Sakit Islam Muhammadiyah Cilengsi, Pusat Tahfid Al Quran, TK Aisyiah Puraseda, SMK Muhammadiyah Nanggung, dan kampus universitas Muhammadiyah. (aw/republika/UMM).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*