Sumber: Suaramuhammadiyah.id

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengatakan bahwa Muhammadiyah terus berkiprah membangun bangsa hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Muhammadiyah menurutnya memiliki semangat Al-Ma’un,  semangat kebaikan sebagaimana dalam al-Qur’an Surat Al-Israa [17] ayat 7. Kebaikan yang kita lakukan akan kembali kepada diri kita sendiri.

Demikian hal itu disampaikan Haedar pada pengajian rutin Pengurus Cabang Muhammadiyah (PCM) Minggir, Sleman, Yogyakarta, pada Minggu (28/7).

In ahsantum ahsantum lianfusikum wain asatum falaha. Kalau kita berbuat kebaikan, hatta (bahkan) kebaikan itu tidak kita lihatkan kepada orang, kebaikan itu akan kembali kepada kita,” ucapnya.

“Berapapun yang kita miliki, kita dharmakan, itu kembali untuk kita, bukan untuk ketua Cabang. Wain asatum falaha, kalau kita berbuat keburukan, meskipun keburukan itu kita tutupi, kita siasati, kita akali agar kelihatan baik, agar orang tidak tau, ingatlah keburukan itu akan kembali juga kepada yang empunya,” tambahnya.

Baca: Haedar Nashir: Negara Gaduh Karena Politik Identitas

Haedar juga mengingatkan akan pentingnya niat dalam beramal. Semua amal yang kita lakukan bergantung pada niat. “Kecil besar bukan ukuran, tetapi niat dan usaha, innamal a’malu binniyat, kuncinya pada niat itu. Bahkan ada orang berpunya pun tidak punya niat akhirnya dia berat untuk berinfaq, bershadaqah, beramal jariyah,” ungkapnya. (aw/SM/muhammadiyah).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*