Ali Akbar Salehi, Ketua Organisasi Energi Atom Iran. Sumber: Livemint

Tehran,LiputanIslam.com—Ketua Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Ali Akbar Salehi, menegaskan pada Senin (5/11) lalu, bahwa Iran bisa saja memperkaya uraniumnya hingga 20% dalam waktu empat menit.

Hal ini disampaikan Salehi saat merespon pertanyaan dari wartawan yang menanyakan lama waktu yang diperlukan untuk memperkaya uranium.

“Saya harap kita tidak akan pernah memperkaya uranium hingga 20%,” tambah Salehi.

“Namun, jika para pejabat senior memerintahkan hal ini, kami bisa melakukannya dalam empat menit,” tutur Salehi, mengisyaratkan kemampuan Iran untuk mengelola uraniumnya menyusul gagalnya negara-negara Eropa memenuhi tuntutan Iran.

Baca: Iran Tembak Jatuh Drone Asing

Batas akhir pengurangan komitmen Iran dari perjanjian Nuklir JCPOA telah memasukan bulan kedua. Pemerintah Iran mengurangi komitmennya dari JCPOA secara bertahap usai Amerika mengkhianati perjanjian itu dan mulai menerapkan sanksi ekonomi terhadap Iran.

Iran mengecam langkah sepihak Amerika dan meminta para anggota negara-negara Eropa seperti Prancis, Inggris, dan Jerman untuk mencarikan solusi atas sanksi yang dijatuhkan Amerika kepada Iran.

Namun, hingga saat ini, belum ada solusi berarti yang bisa ditawarkan Eropa. Iran mengancam akan terus mengurangi komitmennya dari JCPOA, jika permintaannya tak berhasil dipenuhi.(fd/Mehrnews)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*