Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana  mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mengkaji dan menyiapkan tim khusus yang akan bertugas mengawasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Tim khusus itu nantinya  akan mengawasi oknum ASN yang berpaham radikal, sebar ujaran kebencian, dan terlibat politik praktis.

“Tim atau satuan tugas yang terdiri dari lintas Kementerian/Lembaga (K/L) nantinya diharapkan memiliki fungsi untuk mengawasi dan membina ASN agar selalu dapat mengamalkan prinsip nilai dasar serta landasan profesi ASN lainnya,” ucapnya di Jakarta pada Kamis (17/10).

Bima mengakui bahwa sekarang ini memang banyak oknum ASN yang tidak sesuai dengan prinsip nilai dasar profesi sebagai pegawai negeri. Misalnya, tidak mengakui Pancasila sebagai ideologi bangsa, ikut politik praktis, dan penyebar hoaks.

“UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara  sejatinya sudah menegaskan bahwa ASN tidak boleh terlibat dalam ujaran kebencian baik secara langsung maupun online. Ujaran yang dilarang seperti hoaks, provokasi, serta kebencian dalam hal ideologi negara dan SARA” terangnya.

Baca: Utang Indonesia Meningkat, JK: Masih Aman

Sementara Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Kemenpan-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengaku akan segera menyusun landasan hukum dan kerangka tim kerja. “Sebelum tim kerja terbentuk, tentu Pemerintah perlu menerima masukan dari beberapa pihak,” katanya. (aw/liputan6/tempo).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*