Sumber: tirto.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Posisi Utang Indonesia hingga Agustus 2019 telah mencapai Rp 4.680,19 triliun. Dengan jumlah tersebut, rasio utang Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 30 persen.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, utang pemerintah masih dalam tahap aman karena masih di bawah batas 30 persen atau tepatnya 29,80 persen. Rasio utang Indonesia masih lebih baik dari negara-negara lain.

Baca: Utang Luar Negeri Indonesia Naik Jadi 393,5 Miliar Dolar AS

Dia menyebutkan, posisi utang Malaysia mencapai 50 persen terhadap PDB dan Turki mencapai 80 persen terhadap PDB. Menurutnya, negara memiliki utang tidak masalah asalkan masih dalam kondisi sehat.

“Dibandingkan Malaysia 50 persen dari pada PDB, Turki 80 persen hampir 100 persen,” kata JK di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (17/10).

JK menyampaikan, pemerintah terpaksa berutang untuk menutupi kekurangan. Namun, selama pemerintah masih mampu bayar, posisi utang masih aman.

“Teorinya kita masih aman. Karena kita masih mampu untuk membayarnya. Kita memang banyak mengeluarkan utang melalui skema obligasi, bond dan lain lain. Tapi saya rasa kita masih mampu membayar. Utang tersebut juga kami ambil untuk belanja produktif,” tuturnya.  (sh/detik/republika)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*