Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan produksi cabai nasional melimpah. Saat ini panen masih berlangsung di beberapa sentra produksi di Jawa Timur, seperti di Kabupaten Kediri, Blitar, Malang, Tuban, Banyuwangi, dan Mojokerto.

“Di Jawa Timur kemarin, produksinya berlimpah,” kata Direktur Jenderal Tanaman Hortikultura Kementan Suwandi, Senin (17/6).

Suwandi mengungkapkan, beberapa jenis cabai mengalami surplus pada Juni 2019. Salah satunya adalah cabai merah yang surpus sebesar 36 ribu ton dari total kebutuhan 65 ribu ton dan cabai rawit merah surplus sampai 37 ribu ton dari kebutuhan sebesar 77 ribu ton.

Baca: Kemendag Instruksikan BUMN Serap Cabai Petani

Terkait harga cabai, dia menilai, secara nasional harganya di posisi normal. Dia menyampaikan, ketersediaan dan harga cabai aman sebab pertanaman dan tata niaganya telah diatur.

“Pertanaman dan tata niaganya telah diatur,” ujarnya.

Kementan telah mengawal ketat pengaturan pola tanam cabai di semua daerah terutama sentra produksi. Jadi, dari kebutuhan nasional hingga berapa hektare lahan yang diperlukan telah dihitung.

Misalnya, jika pada Juni 2019 ini prognosa produksi cabai merah 115 ribu ton, maka harus ada cabai yang ditanam seluas 43 ribu hektare pada periode Januari sampai April. (sh/wartaekonomi/republika)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*