Sumber: tempo.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah menyiapkan operasi pasar beras medium khusus ke toko ritel modern di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga beras menjelang akhir tahun.

Dalam hal ini, Kemendag menggandeng Perum Bulog dan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk menyuplai beras medium ke seluruh toko ritel modern. Dengan demikian, toko ritel modern akan menjual beras medium sesuai dengan ketentuan harga dari pemerintah.

Baca: Gelar Operasi Pasar, Bulog Gelontorkan 600 Ribu Ton Beras

“Ini kemajuan kami gandeng ritel di seluruh Indonesia. Beras medium akan dijual paling tinggi sesuai harga eceran tertinggi (HET),” kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Suhanto, Jumat (8/11).

Suhanto menilai, perluasan operasi pasar ke toko ritel modern akan mampu mengatasi gejolak harga beras menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Sebab, selama ini operasi pasar hanya dilakukan di pasar tradisional. Sedangkan toko ritel modern hanya menyediakan beras premium.

“Pokoknya menjelang hari besar keagamaan terus dilakukan selama dianggap perlu. Volume berasnya berapa, kita akan ada penandatanganan MoU lagi oleh Kemendag, Bulog, dan Aprindo,” ujarnya.

Dia menyampaikan, Kemendag telah melakukan rapat koordinasi (rakonas) dengan Kepala Dinas Perdagangan di 34 provinsi untuk memastikan pergerakan harga dan pasokan tetap stabil. Dari hasil rapat ini, kondisi bahan pokok saat ini terpantau normal.

“Tidak ada gejolak apa pun,” ucapnya. (sh/republika/katadata)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*