Sumber: fakta.news

Jakarta, LiputanIslam.com– Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Pendidikan Islam telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor  B-3663.1/Dj.I/BA.02/10/2019 tertanggal 29 Oktober 2019 tentang Edaran Rumah Moderasi Beragama. Dirjen Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin menyatakan bahwa nantinya setiap kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) akan mempunyai rumah moderasi beragama.

“Moderasi Beragama bagi Kementerian Agama bagaikan oksigen yang dibutuhkan untuk bernafas. Di manapun, kapanpun, kita semua butuh oksigen itu. Oksigen itulah moderasi beragama,” ucapnya di Jakarta pada Senin (4/11).

Menurut Amin, surat edaran tersebut  adalah wujud komitmen menjadikan moderasi beragama sebagai landasan berfikir, bersikap, serta perumusan kebijakan dan program di Kementerian Agama, termasuk PTKIN. Terlebih moderasi beragama memang telah menjadi bagian dari program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024.

“Moderasi beragama menjadi sebuah keniscayaan yang harus diimplementasikan oleh seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk Kementerian Agama,” katanya.

Baca: Kemenag: 2019 ini Indonesia Banyak Raih Prestasi MTQ Internasional

Surat edaran itu ditujukan kepada seluruh rektor atau ketua PTKIN di Indonesia. Setiap kampus diminta untuk mendirikan dan menyelenggarakan Rumah Moderasi Beragama yang berfungsi menjadi tempat penyemaian, edukasi, pendampingan, pengaduan, dan penguatan atas wacana dan gerakan moderasi beragama di lingkungan kampus PTKIN. (aw/kemenag/MI).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*