Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Sekretaris Umum Lembaga Pelatihan Tilawatil Quran (LPTQ) Nasional yang juga Direktur Penerangan Agama Islam Ditjen Bimas Islam Kemenag, Juraidi mengatakan bahwa di tahun 2019 ini Indonesia berhasil banyak meraih prestasi di ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional. Tentunya keberhasilan ini merupakan sesuatu yang istimewa.

“Tahun 2019, Indonesia kebanjiran prestasi pada MTQ Internasional,” ucapnya di Jakarta pada Sabtu (2/11).

Menurut Juraidi, sepanjang 2019 ini, ada lima qari Indonesia yang meraih juara 1 di MTQ yang digelar di berbagai negara. Mereka adalah Ihsan Ramadan  (MTQ Internasional di Qatar), Salman Amrillah (Iran),  Syahroni (Bahrain), Syamsuri Firdaus (Turki),  dan Miftah Farid Maroko).

Ada juga dua qari meraih juara 2, yaitu Qadar Asmadi di Kuwait,  dan Wardah di Malaysia. Dua qari lainnya meraih juara 3, yaitu: Rifki  Hawari (Inter Studen di Iran) dan Siddiq Mulyana (MTQ Internasional Tafsir di Iran).

“Mereka adalah para juara MTQ/STQ Nasional yang kita kirim ke ajang MTQ Internasional,” tuturnya.
Baca: Bangun Integritas, Kemenag: Jangan Ada Lagi Pungli di KUA

Atas keberhasilan itu, Kemenag memberikan penghargaan berupa dana pembinaan. Untuk juara I MTQ Internasional sebesar Rp25juta, juara II Rp20juta, dan juara III Rp15juta. “Idealnya ini bisa ditingkatkan. Misalnya, mereka bisa diangkat menjadi PNS melalu jalur khusus seperti atlet,” tandas Juraidi. (aw/kemenag/republika).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*