Sumber: youtube.com

Palangka Raya, LiputanIslam.com– Kementerian Agama (Kemenag) mendorong pengembangan dan pelestarian seni budaya Islam yang khas Indonesia. Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin mengatakan, hal ini penting agar seni budaya Islam nusantara bisa terus eksis di tengah gempuran globalisasi dan teknologi yang terus mengikis sendi-sendi nilai kebudayaan dan kesenian masyarkat Indonesia yang religius.

Demikian disampaikan Amin pada pembukaan Festival Seni Budaya Islam (FSBI) yang ditandai dengan penabuhan alat musik rebana, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), seperti dilansir kemenag.go.id, pada Senin (29/7).

“Seperti Persarawi untuk umat Protestan, Pesparani untuk umat Katolik, maka Festival Seni Budaya Islam (FSBI) ini saya kira sangat penting untuk menjaga eksistensi kesenian dan kebudayaan masyarakat Islam,” ucapnya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kalteng, H Masrawan berharap kegiatan festival ini semakin menumbuhkan kecintaan umat Islam terhadap kesenian dan kebudayaan islami yang penuh pesan moral, akhlak, keimanan dan persaudaraan yang bersumber dari Alquran dan hadis.

Baca: Budaya Adalah Sarana yang Efektif Tangkal Radikalisme

“Kita berharap festival ini menjadi bagian dari upaya pembinaan umat dalam membendung kemerosotan akhlak dan memotivasi kaum remaja agar terhindar dari pengaruh negatif budaya luar yang bisa merusak moral dan akhlak mereka,” katanya. (aw/kemenag).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*