Kelompok Jemaah Islamiyah (JI) yang dipimpin oleh PW alias Abang sedang mengembangkan bisnis perkebunan kelapa sawit sebagai sumber dana mereka.

“Ini sedang dikembangkan, tahapan pembangunan kekuatan ini tentunya harus didukung oleh kemampuan ekonomi. Mereka sedang mengembangkan basic ekonomi mereka itu dengan beberapa usaha yang mereka bangun yaitu usaha kebun,” kata Brigjen Dedi Prasetyo di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (1/7/2019).

Dana tersebut digunakan untuk membayar para petinggi kelompok, membiayai rekrutan anggota untuk latihan militer di Suriah, dan membiayai kebutuhan operasional JI.

Baca juga: BNPT: Kurun Waktu 9 Tahun, Densus 88 Tangkap 2.000 Teroris

“Masih didalami bahwa pejabat-pejabat di dalam struktur organisasi JI. Ini juga digaji, gaji besarannya Rp 10 juta-Rp 15 juta (per bulan),” lanjutnya.

Pihak kepolisian masih mendalami dan menyelidiki kelompok tersebut. Kabarnya rekrutan JI dikirim ke Suriah dalam 6 gelombang dalam 5 tahun ini.

Sebelumnya, Densus 88 pun sudah menangkap 5 terduga teroris JI di lokasi yang berbeda. Mereka masing-masing berinisial PW, MY, BS, A, dan BT. PW merupakan pimpinan kelompok tersebut. (Ay/Kompas/Liputan6)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*