Sumber: Presstv

Sana’a,LiputanIslam.com—Kementerian Kesehatan dan Populasi Publik Yaman memperkirakan sekitar 10 bayi di bawah usia lima tahun meninggal dalam skala 10 menit akibat kelaparan akut yang kini melanda Yaman. Ia memperingatkan, blokade Arab Saudi yang kini tengah berlangsung di Yaman akan turut merenggut nyawa para bayi tersebut.

Dalam sebuah acara di Rumah Sakit al-Sabeen Maternal pada Sabtu (23/11), Taha al-Mutawakel, mengatakan enam bayi juga telah meninggal dunia setiap dua jam akibat buruknya kondisi kesehatan di negara Arab termiskin itu.

“Kami tidak meminta mainan dan video game, tapi kami meminta inkubator dan perangkat lainnya agar anak-anak itu bisa bertahan hidup,”ucap Mutawakel.

Dia meminta PBB dan organisasi kemanusiaan lainnya untuk mengatur ulang alokasi dana untuk Yaman. Menurut Mutawakel, dana alokasi tersebut telah disia-siakan untuk membeli mobil dan pelayanan, namun tidak mengurangi penderitaan rakyat Yaman.

“Hentikan air mata Anda untuk anak-anak kami yang terbunuh. Anda tidak berniat untuk meredakan situasi tragis ini,” ucap Mutawakel dalam pidatonya kepada PBB.

Baca: Turki Minta Suriah Hentikan Operasi di Idlib

Sampai saat ini, krisis kemanusiaan di Yaman telah berada pada level yang sangat mengkhawatirkan. 5.000 anak dilaporkan mengalami trauma akibat bunyi ledakan senjata pemusnah massal, yang sebagian telah dilarang oleh aturan internasional.

Arab Saudi dan sejumlah sekutu regionalnya telah menggelar kampanye mematikan terhadap Yaman sejak Maret 2015. Kampanye militer bertujuan untuk mengembalikan kekuasaan Yaman kepada sekutu Arab Saudi, Abd Rabbuh Mansur Hadi, dan menghancurkan kelompok Houthi Yaman. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*