Jakarta, LiputanIslam.com-Senior Instruktur DPP PAN Icu Zukafril pada Jumat (2/8) mengatakan bahwa di tingkat elite PAN masih ragu-ragu dalam menentukan sikap politik untuk menjadi oposisi karena masih berupaya masuk dalam koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf meskipun kader partai tersebut menginginkan agar PAN menjadi partai di luar pemerintahan atau oposisi, dengan menjalankan fungsi kontrol terhadap jalannya pemerintahan.

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dalam suratnya pun menyatakan bahwa PAN sebaiknya menjadi oposisi karena lebih bermartabat.

“Sikap oposisi lebih bermartabat, terhormat, dan sesuai aspirasi mayoritas anggota dan para pemilih PAN,” kata senior instruktur PAN Icu Zukafril saat membacakan surat dari Amien yang dibacakan dalam acara FGD “Oposisi Tugas Suci Amanat Rakyat” di Jakarta, Jumat.

Baca juga: PKB dan PPP Dukung Jokowi Fokus SDM untuk Hadapi Era Revolusi Digital

Amien berpandangan kalau PAN mendukung tanpa syarat pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, maka masyarakat luas akan sangat sinis melihat sikap partainya. Kalau itu terjadi menurut Amien, PAN akan ditinggalkan pemilihnya dan jangan berharap bisa lolos ambang batas parlemen pada Pemilu 2024.

Namun sikap PAN yang masih ragu-ragu dan belum menentukan posisi politiknya dalam pemerintahan kemudian membentuk beberapa opini yang berasumsi PAN mencoba bermain “dua kaki”. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*