Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com—Harga bawang merah menjelang libur Hari Raya Natal dan tahun baru mengalami kenaikan. Di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, harga bawang merah mencapai Rp 25 ribu per kilogram (kg).

Seorang pedagang bawang merah, Dongan menyebutkan, sebelumnya harga bawang merah di kisaran Rp 13 ribu per kg sampai Rp 18 ribu per kg. Sekarang, harganya sudah menyentuh Rp 25 ribu per kg.

“Bawang merah sekarang Rp 25 ribu per sekilo. Sudah dua minggu naiknya, tadinya itu Rp 13 ribu sampai Rp 18 ribu per kilogramnya,” ujarnya, Jumat (29/11).

Baca: Harga Bawang dan Daging Ayam Melonjak

Dia berpendapat, harga bawang naik karena saat ini sudah memasuki musim hujan. Menurutnya, kenaikan harga bawang sudah biasa saat musim hujan sudah tiba.

“Bawang merah sudah biasa kalau musim hujan pasti harganya naik,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah mengatakan, potensi kenaikan harga bawang perlu diwaspadai karena faktor cuaca.

“Catatannya hanya bawang merah yang perlu perhatian khusus,” kata dia.

Berdasarkan pemantauan Kemendag, harga bawang merah per November minggu keempat 2019 naik 21,53 persen menjadi Rp 27.649 per kg. Kenaikan ini sudah dipastikan melalui pemantauan di 12 pasar di Jakarta.

Inspektur Jenderal Kemendag Srie Agustina manyampaikan, pihaknya terus berupaya untuk menjaga stabilitas harga pangan agar bisa sesuai dengan acuan yang ditetapkan.

“Itu lah kami melakukan rapat koordinasi. Hal tersebut teman-teman tim DKI bisa melakukan antisipasi harga-harga agar cenderung stabil,” tegasnya. (sh/kumparan/kompas)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*