Sumber: kumparan.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga komoditas bawang merah dan daging ayam ras mengalami kenaikan lebih dari 5 persen pada minggu kedua November 2019.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga bawang merah ukuran sedang terpantau melonjak 0,8 persen atau Rp 250 per kilogram (kg) menjadi Rp 29.300 per kg dari harga sebelumnya Rp 29.050 per kg.

Baca: Harga Bawang Putih di Surabaya Turun Jadi Rp 19 Ribu

Sementara itu, harga daging ayam ras segar naik 1,03 persen atau Rp 350 per kg menjadi Rp 34.350 per kg dari harga sebelumnya Rp 34 ribu per kg.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, naiknya harga bawang merah dipengaruhi oleh musim kemarau yang panjang.

“Ada kenaikan karena kemarau panjang jadi otomatis berpengaruh terhadap barang-barang tersebut,” kata Agus, Rabu (13/11)

Untuk mengatasi kenaikan harga ini,  dia menyampaikan, pihaknya akan memantau langsung sejumlah komoditas kebutuhan pokok. Dia menyebutkan para petugas akan melakukan pemantauan di 15 provinsi.

“Untuk itu, perlukan dilakun rakorda dan pemantauan langsung ke pasar rakayat, ritel modern dan gudang kebutuhan pokok. Penetrasi pasar ini untuk mengawal kebutuhan pokok ke pasar sebagai antisipasi kekurangan pasokan saat Natal dan Tahun Baru,” ujarnya. (sh/kumparan/cnnindonesia)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*