Sumber: Presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Deputi Kementerian Luar Negeri Iran, Gholam-Hossein Dehqani, mengomentari senjata-senjata kimia buatan Amerika dan menyebutnya sebagai ancaman bagi keamanan dan perdamaian dunia.

Dalam sebuah Konferensi Negara Angota Konvensi Senjata Kimia (CWC) pada Senin (25/11) kemarin, ia meminta agar senjata-senjata itu segera dihancurkan dan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) agar berperan aktif mengawasi pemusnahan senjata-senjata kimi buatan Amerika.

Diplomat Iran itu mengkritik minimnya bantuan internasional terhadap para korban senjata kimia. Tak hanya itu, ia juga mengecam sanksi tak manusiawi Amerika ke Iran yang menyebabkan sulitnya para pasien di Iran untuk mendapatkan perawatan medis.

Baca: AS Penjarakan Ilmuwan Medis Iran Secara Ilegal

Sanksi Amerika ke Iran telah menghalangi masuknya beberapa peralatan medis ke Iran. Perusahaan-perusahaan medis dunia takut terhadap ancaman sanksi AS yang akan menimpa mereka jika nekat mengekspor peralatan medisnya untuk para pasien di Iran.

Dehqani mengajak masyarakat internasional melawan sanksi AS yang menurutnya telah menyerupai terorisme ekonomi.

Konferensi CWC telah berlangsung di Den Haag, Belanda, sejak Senin kemarin dan rencananya akan berakhir pada Jum’at mendatang. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*