Tehran,LiputanIslam.com—Duta Besar Iran untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Majid Takht Ravanchi, mengkritik Eropa karena gagal memberikan kredit yang cukup untuk membuat INSTEX (Alternatif pembayaran yang telah ditetapkan oleh tiga penandatangan UE untuk JCPOA demi menjaga berlangsungnya perdagangan Iran) berjalan maksimal.

“Sejak AS menarik diri dari JCPOA, orang-orang Eropa tidak melakukan sesuatu yang nyata,” kata Takht Ravanchi kepada wartawan di New York, Sabtu (29/6).

“Kami tidak bisa terus sendirian melaksanakan kewajiban kami di bawah dan tidak mendapat manfaat apapun dari itu,” tambahnya.

Takht Ravanchi mengatakan INSTEX tidak cukup untuk menghilangkan kekhawatiran Iran, bersikeras bahwa Eropa telah gagal memberikan kredit yang cukup untuk menjaga skema tersebut tetap berjalan.

“Mekanisme tanpa uang ini seperti mobil indah yang telah kehabisan bahan bakar,” kata Takht Ravanchi, menambahkan, “Secara pribadi, saya pikir INSTEX tidak cukup dalam kondisi saat ini.”

INSTEX direncanakan akan berbasis di Paris dan dikelola oleh seorang pakar perbankan Jerman. Inggris akan memimpin dewan pengawas.

Baca: Trump Puji Bin Salman telah Lakukan Pekerjaan Hebat

Program ini didirikan pada bulan Januari namun tidak untuk kepentingan operasional dan transaksi. Awalnya, perusahaan-perusahaan Eropa akan fokus pada perdagangan produk-produk kemanusiaan seperti obat-obatan, peralatan medis dan makanan, yang tidak ditargetkan oleh sanksi AS.

Pada hari Selasa, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini mengatakan INSTEX siap untuk diluncurkan. Pengumuman resmi tentang ini diharapkan dalam beberapa hari mendatang.

Mekanisme perdagangan dirancang untuk memungkinkan perusahaan-perusahaan Eropa yang mengimpor barang-barang Iran untuk secara efektif membayar perusahaan-perusahaan Eropa yang mengekspor barang-barang ke Iran. Program INSTEX seharusnnya berguna untuk memastikan keseimbangan pembayaran berjalan dengan benar. (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*