Sumber: Presstv

Tehran,LiputanIslam.com—Petinggi militer Iran, Mayor Jenderal Mohammed Baqeri, menegaskan bahwa Republik Islam Iran tak bermusuhan dengan negara-negara tetangga. Saat berbicara di hadapan parlemen di Tehran pada Selasa (24/9) ia menekankan perlunya kerjasama regional untuk memastikan keamanan di kawasan.

“Kami sampaikan kepada negara-negara tetangga bahwa kami tak bermusuhan dengan Anda,” ucapnya. Ia menambahkan, “ negara seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab adalah negara Muslim yang seharusnya bahu membahu dengan Iran untuk menjamin keamanan di kawasan.”

Baqeri menuturkan bahwa kini Iran telah memiliki industri pertahanan sendiri yang akan digunakan untuk kepentingan seluruh dunia Islam.

“Semuanya harus tau bahwa keamanan regional bisa diwujudkan melalui kerjama antara bangsa-bangsa di kawasan.” Jelasnya.

Baca: Iran Tak Lagi Anggap Saudi Sebagai Rival

Ia kembali mengingatkan musuh, bahwa serangan apapun terhadap Iran akan dibalas dengan serangan yang sama, seperti yang terjadi dengan drone Amerika dan tanker Inggris.

Baqeri mengingatkan, saat ini para musuh takut untuk berpernag dengan Iran, dan atas dasar itu mereka menjalankan aksi teror ekonomi terhadap Republik Islam.

Sebelumnya, Presiden Iran, Hassan Rouhani rencananya akan mengusulkan aliansi bangsa-bangsa di kawasan yang bernama “Inisiatif Selat Hormuz” dalam sidang umum PBB. Nantinya aliansi ini akan menciptakan keamanan di Teluk Persia. Anggota koalisi meliputi Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Irak, Suriah, dan mungkin juga Yaman. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*