Tehran,LiputanIslam.com—Seorang komandan angkatan laut Iran, Laksamana Muda Hossein Khanzadi, menyatakan bahwa pemerintah Iran akan memperkuat sektor angkatan lautnya dengan drone yang kecanggihannya mengungguli drone-drone angkatan laut lainnya, terutama dari sisi jangkauan dan tekhnologi.

“Hari ini, kapal perang angkatan laut Iran akan dilengkapi dengan drone yang sanggup menjangkau 200-1.000 kilometer. Dengan alat ini, semua kendala yang pernah dihadapi oleh intelijen Iran akan sirna,” ucapnya dalam sebuah pertemuan dengan personil angkatan laut pada Kamis (28/11) kemarin.

Ia menegaskan, saat ini pasukan Iran bekerja keras sepanjang waktu untuk meningkatkan kualitas kapal perang Iran. “Kapal kami akan dilengkapi drone jarah jauh,” ucapnya.

Dalam sebuah wawancara dengan Tasnim News ia mengatakan, militer Iran juga tengah mengembangkan drone bertenaga jet bernama Sejjil. Mesin drone ini bisa memberikan daya terbang sejauh 1.000 km/jam dan bisa membawa beberapa bom dengan jangkauan sasaran sejauh 100 km.

Baca: Kota Najaf Rusuh, Massa Tak Dikenal Menyerang Konsulat Iran

Situasi di Teluk Persia dan Selat Hormuz semakin memanas usai Amerika membentuk koalisi maritim yang melibat beberapa negara Arab Teluk. AS mengklaim, koalisi ini bertujuan untuk mengamankan jalur perdagangan laut krusial Selat Hormuz.

Amerika dan sekutu-sekutunya, sebelumnya, sempat menuding Iran sebagai aktor serangan ke beberapa tanker yang melintas perairan itu. Klaim ini telah dibantah oleh Iran. Iran menyebut, ketidakstabilan di Selat Hormuz didalangi oleh pihak ketiga yang akan diuntungkan akibat kekacauan yang ada. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*