Sumber: AFP/Ben Suttin

London,LiputanIslam.com—Pemerintah Inggris telah mengirim kapal perang HMS Kent ke Teluk Persia pada Senin (12/8) kemarin, untuk memenuhi permintaan AS membuat koalisi maritim di Teluk Persia.

Beberapa Minggu lalu, pemerintah AS secara resmi melayangkan permintaan kepada Inggris untuk bergabung dengan koalisi maritim pimpinan AS di Teluk Persia.

“Fokus kami di Teluk adalah untuk mengurangi ketegangan saat ini. Tetapi kami berkomitmen untuk tetap mengutamakan kebebasan pelayaran di perairan internasional,”ucap Andy Brown, komandan kapal.

Kapal perang Kent hadir ke kawasan untuk membantu kapal Inggris lainnya, the Duncan, yang telah beroperasi di wilayah itu.

Sebelumnya, Amerika Serikat, telah melayangkan permintaan bergabung koalisi kepada beberapa negara. Namun, Jerman menolak permintaan tersebut. Sementara Jepang memilih untuk mengirim kapal perangnya tanpa merasa perlu bergabung dengan koalisi maritim pimpinan AS.

Baca: Zarif Sebut Koalisi Maritim AS Jalan di Tempat

Sejauh ini, hanya dua negara yang mau terlibat dengan koalisi tersebut, yaitu Inggris dan Israel. Namun, Israel telah mengonfirmasi akan memberikan pelayanan intelijen untuk koalisi tersebut.

Merespon hal ini, IRGC mengecam keterlibatan Israel. Menurutnya, hal itu bisa membuat ekskalasi di kawasan semakin meningkat, dan bahkan berpotensi perang. (Fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*