Jakarta,LiputanIslam.com-Ikatan Mahasiswa Papua di Lampung (Ikmapal) meminta presiden Jokowi lebih memerhatikan masyarakat Papua agar bisa merasakan kesejahteraan dan keadilan sosial.

“Tolong Bapak Presiden perhatikan masyarakat Papua dengan baik, karena yang kami butuhkan adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” kata Ketua Ikmapal Isaskar Bisbin di Bandarlampung, Kamis (22/8).

Menurutnya, masyarakat Papua kecewa sehingga melakukan aksi demonstrasi karena pelaku rasial di Malang dan Surabaya tidak segera diadili dan diproses secara hukum.

“Seharusnya pemerintah bisa mengadili pelaku rasial itu dan memberikan keadilan kepada orang Papua, bukan hanya sekedar kata maaf saja,” katanya.

Baca juga: Perkuat Persaudaraan, GP Ansor Temui Mahasiswa Papua di Semarang

Menurutnya itu adalah bukti bahwa pemerintah memandang Papua dengan sebelah mata sehingga mereka merasa kecewa. Padahal tanah Papua telah memberikan banyak pemasukan bagi negara.

“Kami memiliki Freepot yang setiap hari emasnya dikeruk oleh Amerika dan Jakarta, tapi masyarakat kami jauh dari sejahtera serta jauh dari rasa keadilan,” kata mahasiswa jurusan teknik sipil Universitas Lampung itu.

Sementara, Masyarakat adat Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang tergabung dalam forum peduli keadilan Papua menuntut pemerintah segera mengusut tuntas pelaku rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya da Malang, Jawa Timur, untuk dapat diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami warga Biak  Numfor menolak segala bentuk aksi rasisme terhadap orang asli Papua terutama yang dialami mahasiswa di Surabaya dan Malang,” ungkap Ketua Forum Keadilan untuk Papua Biak Willem Rumpaidus saat demonstrasi damai di Kantor Bupati Biak di Jalan Majapahit, Biak, Rabu (21/8).

Menanggapi hal itu, sebelumnya, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi telah berjanji akan mengusut oknum aparat yang diduga mengucapkan kata rasis kepada mahasiswa Papua seperti video yang beredar di media sosial. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*