Sekjen Hizbullah, Seyyed Hassan Nasrallah. Sumber: Tasnim

Beirut, LiputanIslam. Com—Gelombang aksi massa di Lebanon akibat krisis ekonomi yang melanda negara itu masih terus berlanjut.  Aksi massa diiringi oleh seruan reformasi para pejabat pemerintahan.  Gagasan ini disokong keras oleh Partai Labanese Forces yang meminta keempat menterinya untuk mengajukan surat pengunduran diri.

Sekjen Hizbullah,  Hassan Nasrallah,  menolak gagasan itu dan menyebut gagasan mengganti para pejabat hanya akan membuang-buang waktu.

Melalui pidatonya pada Sabtu (19/10), ia menyatakan sikap Hizbullah yang mendukung demonstrasi anti-korupsi di Lebanon.  Namun dirinya menekankan bahwa pergantian pemerintahan tidak akan memperbaiki krisis ekonomi yang saat ini melanda negara itu.

Nasrallah menjelaskan bahwa masalah di negara itu “sistematis” dan tidak akan diperbaiki oleh perubahan pemerintah, mengingat bahwa pemerintah baru kemungkinan besar akan diisi oleh orang-orang dari faksi politik yang sudah ada.

Ketua Hizbullah juga mengecam tokoh-tokoh politik tertentu yang dengan cepat menyerukan pemerintahan baru, mengatakan bahwa hal seperti itu hanya “buang-buang waktu” dan bahwa akan butuh satu atau dua tahun bagi kabinet baru untuk terbentuk.

Menurut Nasrallah, inisiatif semacam itu sedang diusulkan oleh faksi-faksi yang berusaha menghindari tanggung jawab mereka, alih-alih menyelesaikan krisis yang menimpa Libanon.

Baca: Di Tengah Gelombang Krisis, Partai di Lebanon Serukan Empat Menterinya Mundur

Nasrallah memuji aksi demonstrasi dan menyebutnya sebagai demonstrasi bersih dari rakyat Lebanon.  Namun ia memperingatkan adanya kelompok politik tertentu yang berusaha menunggangi aksi massa.  Ia menyebut,  Hizbullah tidak akan mencampuri aksi massa kecuali jika pemerintah berani mengenakan pajak terhadap orang-orang miskin.

Jika itu terjadi,  Nasrallah menegaskan, ” Hizbullah akan muncul dimana-mana dan akan mengubah keseimbangan di negara itu. ” (fd/Tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*