Tel Aviv,LiputanIslam.com—Dubes Israel untuk AS, Ron Dermer, telah melakukan perjalanan rahasia ke Alaska dalam rangka menggalakkan kerjasama kedua  negara untuk membendung pengaruh Iran.

Penyiar Chanel 13 Israel mengungkapkan bahwa perjalanan Dermer bertujuan untuk meningkatkan signifikansi dan koordinasi keamanan dengan AS. Namun, pihak militer Israel melarang chanel tersebut untuk mengungkapkan aktivitas Dermer lebih detail. Media tersebut menjelaskan detail laporan perjalanan ini akan diungkap beberapa hari mendatang.

Baca: AS Tekan Qatar untuk Bergabung dengan Koalisi Anti-Iran

Kunjungan ini dilakukan usai munculnya laporan tentang uji coba rudal balistik jarak menengah Iran, Shabaab-3, pada 24 Juli lalu. Tidak ada komentar resmi yanga disampaikan oleh Pentagon atau pun Iran terkait laporan tersebut. Namun, kantor berita resmi Iran menyebut uji coba rudal itu dilakukan untuk menjaga pertahanan negara.

“Sebuah sumber dari staf angkatan bersenjata Iran mengatakan uji coba rudal Iran adalah wajar untuk kepentingan pertahanan. Rudal ini tidak akan digunakan untuk melawan negara manapun, melainkan hanya untuk merespon kemungkinan terjadinya agresi,” tulis Fars News.

Pejabat itu selanjutnya menegaskan bahwa Republik Islam tidak memerlukan izin dari kekuatan dunia manapun untuk melakukan kegiatan pertahanan. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*