Sumber: liputan6.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Masyarakat dihebohkan dengan adanya postingan tiket pesawat China Airlines dengan nomor penerbangan CI 9798 rute Jakarta-Makassar. Pada postingan tersebut, tertulis jadwal keberangkatan dari Jakarta pukul 17.45 WIB dan tiba di Makassar, Sulawesi Selatan pukul 21.05 WITA.

Terkait hal ini, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, China Airline tidak membuka rute domestik karena rute domestik hanya dilayani oleh pesawat dari maskapai nasional.

Baca: Harga Tiket Pesawat Mahal, Wisatawan Domestik Menurun

Budi menjelaskan, sebenarnya China Airlines bekerjasama dengan Garuda Indonesia. Kerjasama tersebut disebut dengan codeshare.

“Tidak ada itu. Sebenarnya itu codeshare antara Garuda dengan China Airlines,” kata Budi di Jakarta, Jumat (14/6).

Dia memapaarkan, Garuda Indonesia dan China Airlines merupakan anggota dari aliansi penerbangan internasional Skyteam. Oleh karena itu, keduanya bekerja sama dalam melakukan pemasaran tiket penerbangan internasional.

Selain itu, China Airlines merupakan maskapai penerbangan milik Taiwan. Penerbangan yang dilayani juga merupakan rute penerbangan dari Taiwan menuju Makassar, Indonesia.

Pengamat penerbangan, Alvin Lie menyampaikan, kondisi tersebut merupakan hal lumrah terutama bagi maskapai yang tergabung dalam sebuah team. Dia menuturkan, penerbangan CI 9798 merupakan kerjasama Codeshare dengan Garuda dengan nomor penerbangan GA-612.

“Dalam kasus CI 9798, penumpang dari Taiwan membeli tiket China Airlines, kemudian China Airlines mengalihkannya kepada GA untuk melaksanakan pengangkutan. Demikian juga penumpang di Indonesia bisa membeli tiket GA untuk terbang di berbagai negara dimana sebenarnya GA tidak operasikan penerbangan,” jelasnya. (sh/republika/liputan6)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*