Sumber: infopublik.id

Bener Meriah, LiputanIslam.com– Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi (Abuya Sarkawi) melantik secara resmi pengurus Majelis Adat Aceh (Gayo) Kabupaten Bener Meriah periode 2019-2023 di Aula Kantor Bupati Bener Meriah, Aceh, pada Jum’at ( 21/6). Majelis Adat adalah lembaga keistimewaan yang memiliki tugas dan fungsi untuk melestarikan adat istiadat yang ada di Aceh (Gayo).

Abuya Sarkawi menjelaskan, ada empat lembaga kekhususan di Aceh, yakni Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU), Lembaga Majelis Pendidikan Daerah (MPD), Baitul Mal, dan Majelis Adat Aceh (MAA). Keberadaan lembaga tersebut karena Aceh merupakan daerah istimewa.

Menurutnya, tugas pengurus bukan hanya sekadar menggenakan kerawang saja pada hari pelantikan. Tetapi ialah bagaimana caranya melestarikan adat istiadat Gayo, perilaku budaya, esensinya dengan kehidupan sehari-hari. Tugas Majelis Adat ialah menyambungkan nilai-nilai budaya dengan kehidupan nyata masyarakat.

Baca: Nuzulul Quran, Warga Aceh Gelar Tradisi Masak Kuwah Beulangong

Abuya berharap para pengurus benar-benar membuat program yang konkret dalam upaya melestarikan adat budaya Gayo. Bahkan kalau perlu melibatkan semua lapisan masyarakat dan sekolah-sekolah.

“Dan kalau perlu koordinasi dengan instansi terkait untuk membuat kurikulum seperti yang pernah kami lakukan waktu dulu agar adat Gayo terus lestari,” ungkapnya. (aw/infopublik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*