Sumber: AP

Washington,LiputanIslam.com—Delegasi Khusus AS untuk Iran, Brian Hook, menyampaikan keinginan administrasi AS terhadap Iran dalam sebuah diskusi “Masyarakat Asia” pada Senin (23/9) kemarin.

Hook menyebut Washington menginginkan negosiasi komprehensif antara AS-Iran, meliputi isu pengembangan rudal dan penumpasan terorisme global.

“Iran sepertinya telah keterlaluan karena telah menyerang kedaulatan negara lain,” ucap Hook dalam acara Masyarakat Asia yang berlangsung di New York, Amerika. Ia menambahkan, Amerika sedang berusaha menyelesaikan masalah-masalah tersebut dengan cara diplomasi dan miltilateral. Menurutnya, DK PBB memiliki peranan penting untuk mengatasi persoalan ini.

Awal bulan ini, Menlu Iran, M.Javad Zarif, mengakui adanya kemungkinan Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Iran, Hassan Rouhani, untuk melakukan pertemuan pada Sidang Umum PBB. Namun, Iran mensyaratkan pertemuan itu hanya mungkin terjadi jika sesuai dengan aturan kesepakatan nuklir JCPOA, bukan pada tataran bilateral.

Hook menegaskan, Presiden AS Donald Trump menilai kesepakatan JCPOA adalah sebuah kesepakatan yang buruk. Hook mengaku, administrasi Trump menginginkan adanya kesepakatan baru yang menurutnya bisa membawa semua pihak mendapatkan perdamaian dan keamanan.

Baca: Zarif, Rouhani Siap Bertemu Trump dengan Syarat

Hook mengklaim, kesepakatan JCPOA masih memungkinkan Iran untuk mengembangkan senjata nuklir.

Semua klaim dan tuduhan seperti yang disampaikan oleh Hook telah ditepis oleh Iran. Iran mengaku tidak berniat mengembangkan nuklir, kecuali untuk tujuan damai. (fd/Sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*