Foto: Liputan6

Foto: Liputan6

Jakarta, LiputanIslam.com — Kehadiran pendiri Facebook Mark Zuckerberg ke Indonesia dalam beberapa hari terakhir ini menyita perhatian masyarakat luas, apalagi, hari ini, Senin (13/10/2014), ia bertemu dengan presiden terpilih Joko Widodo.

Mark menyambangi Jokowi di Balaikota DKI Jakarta dengan mengenakan setelan jas hitam dipadu dasi abu-abu didampingi 8 orang stafnya. Saat tiba di depan ruang tamu Balaikota, Mark langsung disambut Jokowi. Keduanya berbincang-bincang untuk membicarakan tentang perkembangan internet di Indonesia.

Mark mengungkapkan alasan pribadinya datang ke Indonesia dan menemui Jokowi. Ia mengatakan, ingin melihat langsung bagaimana antusiasme masyarakat Indonesia yang menggunakan media sosial.

“Yang membuat saya tertarik ke mari adalah di bawah kepemimpinan baru, Anda sudah melakukan hal luar biasa melalui FB dan media sosial yang menyambungkan bersama. Saya mau menyaksikannya secara langsung dan siapa tahu saya bisa membantu mengkoneksikan masyarakat ke pemimpinnya,” kata Mark. (Baca: Bos Facebook Datang untuk Perluas Bisnisnya)

“Apakah ada cara tertentu melalui media sosial untuk berkomunikasi dengan pemimpin Anda. Kita tidak mengumumkan hal itu hari ini, tujuan kita adalah bekerjasama dengan pihak berwenang untuk menyediakan keterhubungan,” tambah Mark, seperti dilansir Liputan6.

“Saya berbicara banyak tentang penggunaan Facebook di Indonesia, dan tadi kita bicara bagaimana bisa memanfaatkan Facebook untuk bicara dengan masyarakat dalam menggerakkan ekonomi mikro dan ekonomi kecil,” ujar Jokowi.

Kepada Jokowi, Mark pun berjanji akan membantu Pemerintah Indonesia dalam upaya mengembangkan usaha kecil melalui internet dan Facebook. Jokowi juga mengatakan, Mark akan membantu pemerintah mengembangkan pembayaran pajak dengan menggunakan sistem teknologi berbasis internet. 

“‎Ia akan membantu untuk bekerja sama dengan kita dalam rangka dua hal tadi, masalah berkaitan dengan pajak, akses internet, tapi ini tentu saja akan kita tindak lanjuti lagi, kita belum bicara sampai sedalam apa yang harus dilakukan,” kata Jokowi.

Blusukan ke Tanah Abang

Tak puas hanya di Balai Kota, Mark pun menanyakan kepada Jokowi tentanb blusukan yang sering dilakukan oleh mantan walikota Solo tersebut. Akhirnya Jokowi pun mengajak Mark untuk mencoba blusukan ke Pasar Tanah Abang.

Karena datang saat jam-jam sibuk, kondisi pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara itu pun tampak sesak. Keduanya pun harus mendapatkan pengawalan ketat dari pasukan Pengamanan Presiden karena kerumunan warga yang berebut ingin bersalaman. 

Namun, ‎situasi ‎tersebut justru membuat Mark senang, walau tampak keringatnya bercucuran karena hawa panas di pasar itu. Mark juga terlihat melambaikan tangan saat warga meneriakkan namanya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL