Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman. Sumber: Memo

Riyadh,LiputanIslam.com—Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman, bersumpah akan mengakui dan menormalisasi hubungan dengan Israel jika Amerika menolongnya mengalahkan Iran dan menguasai Timur Tengah.

Pernyataan kontroversial Bin Salman ini diungkap oleh jaringan PBS pada Sabtu Sabtu (29/9) dalam sebuah film dokumenter, berdasarkan pertemuan yang dilakukan Putra Mahkota Arab Saudi dengan Presiden Donald Trump di Riyadh pada 2017 lalu.

Martin Smith, presenter yang membawakan dokumenter bertajuk ‘Putra Mahkota’ itu menyebutkan bahwa Mohammad bin Salman ingin Trump memastikan dukungan Amerika Serikat untuk mengalahkan Iran agar dirinya bisa menjadi penguasa di Timur Tengah.

Sebagai gantinya, Bin Salman bersumpah akan menolong Trump dan menantunya, Jared Kushner, untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina yang digambarkan melalui rencana bernama “Deal of the Century”, sebuah rencana yang oleh masyarakat Palestina dianggap sangat memihak dan menguntungkan Israel.

Baca: Tanggapi Cibiran Saudi, Ansharullah: Kami Punya Bukti-bukti Lebih Kuat

Dokumenter ini juga menampilkan ucapan David Ignatius, seorang analis di Washington Post, yang mengutip ucapan Mohammad bin Salman, “Saya melihat Israel sebagai bagian dari Timur Tengah. Saya siap mengakui Israel dan membangun hubungan dengan negara itu.”

Ignatius menilai tawaran Bin Salman sangat menggoda pemerintah AS dan karena itu Amerika terus berusaha mendukung gagasan yang diusulkan oleh Kushner.

Hubungan antara Arab Saudi-Israel semakin menguat pasca meningkatnya kekuasaan Bin Salman, terlebih munculnya beberapa laporan adanya pertemuan antara Bin Salman, PM Netanyahu, dan beberapa pejabat negara Arab lainnya di sebuah kapal pesiar, di Laut Merah.

Juni lalu, seorang diplomat Arab Saudi menyatakan kepada Globes bahwa normalisasi hubungan antara Arab Saudi dan Israel hanyalah persoalan waktu. (fd/Memo)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*