Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) memperikakan inflasi pada Juni 2019 di kisaran 0,45 persen secara bulanan (month to month) dan 3,21 persen secara tahunan (year on year).

Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo mengatakan, prediksi tersebut berdasarkan survei pemantauan harga (SPH) di Minggu terakhir.

“Jadi SPH di Minggu terakhir, inflasi di 0,45 persen itu month to month. 3,21 persen year on year,” kata Dody di Jakarta, Jumat (28/6).

Dody menilai, angka 0,45 persen menunjukkan inflasi cukup rendah dan daya beli masyarakat terjaga. BI optimis angka inflasi sampai akhir tahun di rentang 3,5 persen.

Baca: BI: Inflasi Mei 2019 Sebesar 0,68 Persen

“Bank Indonesia masih cukup optimistis bahwa inflasi sampai dengan akhir tahun akan masuk dalam rentang atau bahkan di bawah 3,5 persen,” ujarnya.

Dia menuturkan, inflasi Juni masih dipicu oleh oleh kelompok bahan makanan, khususnya komoditas cabai serta transportasi dalam kota. Meski begitu, dua komoditas tersebut terpantau bergerak ke arah tren penurunan.

“Beberapa penyebab inflasi masih terbawa dari bulan kemarin, seperti cabai, angkutan dalam kota, tetapi semuanya ke arah tren yang menurun,” tuturnya.

Dalam hal ini, BI tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah. Hal ini dilakukan agar inflasi tetap terjaga dan stabil. (sh/merdeka/cnbcindonesia/republika)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*