Sumber: AP

Tel Aviv,LiputanIslam.com—Pemilu Israel telah berlangsung beberapa hari lalu. Hasil pemilu menunjukkan, partai sayap kanan pimpinan Benjamin Netanyahu, Likud, telah memperoleh 31 kursi dari total 120 kursi yang tersedia di parlemen Israel, Knesset. Sementara itu, aliansi oposisi, Blue and White, pimpinan Benny Gantz berhasil memperoleh 33 kursi.

Untuk mengamankan mayoritas parlemen dan membentuk pemerintahan, Perdana Menteri Netanyahu, meminta Benny Gantz membentuk koalisi.

“Benny, berlangsungnya pemerintahan tergantung kepada kita. Kini, negara mengharapkan kita berdua untuk menerima tanggungjawab dan bekerjasama. Jadi, saya meminta Anda, Benny, mari bertemu hari ini, jam berapa pun. Kita tidak bisa menggelar pemilihan yang ketiga, karena tak ada alasan untuk melakukannya,” ucap Netanyahu.

Merespon permintaan itu, Benny mengakui negara memang memerlukan persatuan agar pemerintahan segera terbentuk. Namun, ia mencatat bahwa dirinya harus menjadi perdana menteri selanjutnya. Partainya menolak kemungkinan koalisi jika Netanyahu masih menjadi kepala negara.

“Saya terkejut dan kecewa mendengar penolakan Benny untuk melakukan pertemuan. Presiden meminta adanya persatuan, dan tanpa perundingan antara kedua pemimpin partai terkemuka, pemerintahan tak bisa terbentuk,” tulis Netanyahu melalui akun twitternya.

Di saat yang sama, Avigdor Lieberman, pimpinan partai Yisrael Beiteinu, telah memutus aliansi dengan partai Likud. Ia menyebut hanya akan menyetujui koalisi jika kedua pihak, Likud dan Blue and White mau membentuk koalisi.

Baca: Hasil Pemilu Tak Memuaskan, Netanyahu Batal Berkunjung ke PBB

Komite Pemilihan Pusat Israel mengumumkan, aliansi Blue and White telah memenangkan 33 kursi, Likud berada di posisi kedua dengan perolehan 31 kursi, partai-partai Arab mendapatkan 13 kursi, partai-partai ortodoks memperoleh 17 kursi, sementara partai sekuler Yisrael Beiteinu hanya mendapatkan delapan kursi. (fd/Sputnik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*