Sumber: Antara

Jakarta, LiputanIslam.com — Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie menyarankan Menteri Agama Fachrul Rozi untuk menjalin komunikasi dengan Nahdlatul Ulama (NU) untuk meredam berbagai polemik yang timbul atas pelantikan dirinya, khususnya kekecewaan dari para kiai NU.

“Saya anjurkan Menteri Agama untuk segera menjalin komunikasi eksternal dengan sejumlah ormas, tidak hanya agama Islam, tapi lintas agama,” ujar Jimly di Jakarta, Kamis (24/10).

Jimly mengatakan komunikasi dengan berbagai ormas agama, termasuk NU penting dilakukan guna meyakinkan mereka bahwa mantan jenderal TNI Angkatan Darat itu tepat menjadi orang nomor satu di lingkungan Kementerian Agama.

“Menteri Agama harus segera menjalin komunikasi eksternal untuk meyakinkan dia tepat menjadi Menteri Agama. apalagi ormas yang banyak jasanya seperti NU,” kata Anggota Dewan Perwakilan Daerah itu.

Sebelumnya Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PBNU mengatakan bahwa Fachrul Razi tak berpengalaman dalam isu pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, dari pesantren, madrasah, perguruan tinggi keagamaan Islam (Ma’had Aly) hingga satuan pendidikan diniyah formal.

Fachrul Razi merupakan bekas perwira tinggi militer. Ia adalah wakil panglima TNI tahun 1999 hingga 2000, dalam dua pemilihan presiden terakhir ia berkampanye untuk Jokowi.

Baca juga: Menag Baru: Saya Menteri Seluruh Agama di Indonesia

Sementara, Ketua PBNU Robikin Emhas mengungkapkan bahwa ia dan pengurus PBNU lainnya banyak menerima pertanyaan dari para kiai terkait Menteri Agama.

“Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes,” ungkap Robikin di Jakarta, Rabu (23/10).

Menurut Robikin, para kiai paham Kementerian Agama harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*