Abu Dhabi,LiputanIslam.com—Menlu Israel, Yisrael Katz, dikabarkan telah terbang melewati wilayah udara Arab Saudi menuju ke Ibu Kota Abu Dhabi, UAE.

Berdasarkan pantauan Arab48, kunjungan ini berlansung minggu lalu dalam rangka menghadiri Konferensi Lingkungan PBB dan membahas ancaman nuklir Iran, serta beberapa isu lainnya. Selain itu, ia juga mempresentasikan rencana “Jalur Perdamaian Regional” yang akan menghubungkan Israel dengan negara-negara Teluk melalui jalur kereta yang akan membentang melewati Yordania.

Di Arab Saudi, membiarkan penerbangan dari dan menuju Israel bukanlah hal baru. Pada akhir Maret lalu, pesawat India melakukan perjalanan menuju Israel melewati wilayah udara Arab Saudi untuk pertama kalinya. Langkah ini disinyalir sebagai tanda kedekatan antara negara penjajah “Israel” dengan kerajaan Arab Saudi.

Sebelumnya, Arab Saudi tidak mengizinkan penerbangan ke Israel melewati wilayah udaranya. Namun, segalanya berubah pada 2017 silam. Ketika Presiden AS, Donald Trump, secara langsung melakukan penerbangan perdana dari Arab Saudi menuju Tel Aviv. (fd/Memo)

Baca: Konferensi Bahrain Dibuat untuk Menormalisasi Hubungan Arab-Israel

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*