Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra menilai aksi massa yang menolak hasil perhitungan rekapitulasi Pilpres 2019 berpotensi menyebabkan rupiah melemah terhadap dolar AS hingga akhir pekan ini.

“Iya. Rupiah masih berpotensi melemah terhadap dollar AS. Mungkin hingga akhir pekan ini,” kata Ariston, Rabu (22/5).

Menurut dia, aksi massa 22 Mei akan menjadi perhatian pelaku pasar dan membuat rupiah tertekan. Dia memprediksi potensi pelemahan rupiah di posisi Rp 14.500 per dolar AS.

Baca: Rupiah Melemah ke Level Rp 14.480 per Dolar AS

“Kekhawatiran memanasnya politik dalam negeri menahan USD di kisaran atas, dan masih berpotensi bergerak di kisaran 14.400-14.500,” ujarnya.

Dia menuturkan, yang menjadi masalah dari aksi massa tersebut adalah kerusuhan. Pelaku pasar, kata dia, akan menunggu perkembangan unjuk rasa ini.

Pada perdagangan pasar spot Rabu (22/5) pagi, nilai tukar rupiah melemah 0,03 persen ke posisi Rp 14.485 per dolar AS. Sebelumnya, rupiah berada di posisi Rp 14.480 per dolar AS.

Pergerakan sebagian besar mata uang utama Asia terpantau bervariasi pada pagi hari ini. Sebagian mata uang ada yang melemah terhadap dolar AS seperti dolar Singapura sebesar 0,05 persen, baht Thailand sebesar 0,05 persen, dan yen Jepang sebesar 0,03 persen.

Sedangkan, mata uang yang mengalami penguatan terhadap dolar AS adalah peso Filipina sebesar 0,07 persen. Di sisi lain, dolar Hong Kong dan won Korea Selatan tak menunjukkan pergerakan melawan dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim menyampaikan, pergerakan rupiah pada hari ini sangat didominasi oleh sentimen domestik, terutama aksi massa 22 Mei.

Dia menuturkan, kerusuhan yang terjadi di Gedung Bawaslu tadi malam menjadi perhatian investor sebelum mengalirkan dana ke Indonesia.

“Maka risiko keamanannya masih cukup tinggi. Ini mungkin yang menjadi perhatian investor,” tuturnya.

Menurut dia, pada hari ini rupiah akan ditransaksikan di kisaran Rp 14.456 hingga Rp 14.520 per dolar AS. (sh/cnnindonesia/liputan6)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*