LiputanIslam.com-Pada tanggal 2 September 2019 nanti, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menyerahkan 10 nama yang sudah lolos tes sebelumnya kepada Presiden Joko Widodo.

“Tanggal 2 (September 2019) kita ke Presiden seperti yang kita sudah rencanakan sejak awal,” kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Jakarta, Jumat (9/8).

10 nama tersebut adalah orang-orang yang sudah lolos ujian ujian “profile assestment” yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2019 di gedung Lemhanas Jakarta. Ujian tersebut diikuti oleh 40 orang yang sudah lolos tes sebelumnya yaitu tes psikologi pada 28 Juli 2019 lalu. Selanjutnya akan disaring menjadi 10 nama saja.

Hasil dari “profile assestment” ini akan keluar pada 22 Agustus 2019.

Baca juga: Kerap Macet Tangani Korupsi, Pansel Diminta Coret Komisioner yang Ikut Seleksi Capim KPK

“Insya Allah selesai tanggal 22 Agustus 2019. Sore atau malam itu juga kita rapatkan di situ dan Insya Allah pada 23 Agustus walau malam kita umumkan, semoga, karena belum bisa dipastikan karena tidak terlepas dari hasil ini,” ungkap Yenti.

Setelah ini, para kandidat yang lolos akan melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada 26 Agustus 2019.

“Kita sudah pesan ke RSPAD tanggal 26 Agustus untuk yang lulus melakukan tes kesehatan. Kemudian 27-30 Agustus kita wawancara dan yaitu uji atau diskusi publik. Mudah-mudahan pada 31 Agustus hingga 1 September kita rapat dan selesai,” jelas Yenti.

Sehingga pada 2 September 2019, Pansel Capim KPK akan menyerahkan 10 orang nama capim KPK sesuai dengan ketentuan UU 30 tahun 2002 tentang KPK yang mengatur bahwa pansel menyerahkan dua kali dari jumlah komisioner KPK. (Ay/Antara)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*