Menyaksikan Kecantikan Danau Situ Patenggang di Ciwidey

0
167

http://rri.co.id/

Bandung, LiputanIslam.com—Sebuah danau meriakkan air jernih bagaikan kristal dikelilingi tanaman hijau yang asri bersatu dengan birunya langit. Di sisinya, berdiri sebuah restoran berbentuk kapal yang jadi tempat berkumpul para turis. Tempat mana lagi itu kalau bukan Situ Patenggang, tempat wisata favorit di Ciwidey, Bandung Barat, Jawa Barat.

Situ Patenggang merupakan danau di ketinggian 1.600 mdpl dengan dikelilingi Kebun Teh Rancabali. Danau ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar di dalam cagar alam dengan nama yang sama, Cagar Alam Situ Patenggang, dengan luas 123.077 hektar..

Keindahan danai ini telah menarik perhatian publik sejak tahun 1981 dan dikelola oleh Perhutani.

Jika Anda tertarik bekunjung ke sini, Anda akan disambut berbagai spot fotogenik seperti Pinisi Resto hingga jembatan gantung yang jadi ikon Situ Patenggang.

Pinisi Resto berada di perbukitan hijau dengan pemandangan indah dan sejuk. Bentuk bangunannya seperti sebuah phinisi, kapal kayu besar yang menghadap langsung ke danau. Di sini pengunjung bisa menyantap aneka menu khas Sunda. Biasanya, para wisatawan berfoto di sudut restorannya yang berbentuk kapan phinisi.

Situ Patenggang juga terkenal dengan Glamping Lakeside Rancabali, sebuah resor mewah dengan tenda-tenda eksklusif yang menghadap ke danau. Fasilitasnya lengkap dengan dua tempat tidur, peralatan mandi hingga TV. Satu tenda glamping ini berkapasitas 4 orang dengan tarif sekitar Rp 2 juta-an.

Tapi, jangan takut. Untuk masuk kawasan Situ Patenggang sendiri, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 18.000 per orang (weekday) dan Rp 20.000 per orang (weekend) untuk tiket. (ra/detik)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: