Mengunjungi Bukit Anak Dara, Rinjani Versi Mini

0
128

Bukit Anak Dara, sumber ig @lombokexperience

Lombok, LiputanIslam.com– Sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia, Gunung Rinjani tak pernah kekurangan pengunjung, kecuali di musim penghujan saat ini di mana pendakian di situs itu ditutup. Jika Anda tak berkesempatan pergi ke sana, Anda bisa mengunjungi Bukit Anak Dara yang disebut-sebut sebagai Rinjani versi mini.

Gunung Rinjani memang memiliki bukit-bukit di sekitarnya. Ada bukit Pergasingan yang sudah sangat terkenal, bukit Nanggi, Savana Propok, dan juga bukit Anak Dara.

Kenapa bukit Anak Dara istimewa? Karena bukit ini seperti terletak di tengah-tengah antara semua bukit-bukit yang disebutkan di atas.

Mendaki bukit Anak Dara seperti mendaki miniatur dari gunung Rinjani. Bagaimana tidak, jalur pendakiannya hampir mirip dengan jalur pendakian gunung Rinjani tetapi lebih pendek. Sejak awal pendakian, Anda akan menghadapi tanjakan yang tidak terlalu terjal, diselingi dengan ilalang yang hampir menutupi badan. Setelah itu akan disambut hutan yang lumayan lebat.

Pemandangan daerah Sembalun dengan persawahannya, hijaunya rumput yang hampir menutupi badan, belaian angin yang menjadi dingin karena diikuti kabut yang naik perlahan seakan mengucapkan selamat datang ke para pendaki.

Karena bukit Anak Dara termasuk jarang di kunjungi, suasana di sana lebih terasa syahdu dan sepi. Tenda-tenda juga tidak banyak yang berdiri. Dari puncak, Anda dapat menikmati keindahan alam sembalun secara keseluruhan. Paginya bisa menikmati sunset yang konon dari daerah ini terbit dari sebelah timur yang langsung menghdap selat Alas, sumbawa. Beberapa gili terlihat jelas dari bukit anak dara.

Bukit anak dara sendiri terletak di Desa Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok Timur. Akses ke lokasi dari mataram atau bandara juga sudah termasuk bagus. Banyak kendaraan bisa digunakan untuk ke lokasi. (ra/travel.detik)

DISKUSI:
SHARE THIS: