Cegah Mudik, PT KAI Batalkan Perjalanan Kereta Jarak Jauh

0
1413

Jakarta, LiputanIslam.com—Pemerintah baru-baru ini menerapkan aturan baru untuk melarang mudik di tengah wabah Covid-19. Untuk itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) pun menyesuaikan operasional perjalanannya terkait seluruh keberangkatan kereta jarak jauh dan kereta lokal area Daerah Operasi 1 Jakarta.

Seperti dilansir oleh Tempo (23/04), kereta api jarak jauh yang tidak beroperasi dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota, dengan tujuan akhir Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, dan berbagai kota di wilayah lainnya.

Keseluruhan ada 70 perjalanan kereta api jarak jauh yang dibatalkan di area Daerah Operasi 1 Jakarta. Dari 70 kereta tersebut 67 kereta di antaranya reguler. Tiga kereta api lainnya merupakan kereta tambahan yang dioperasikan pada saat hari kerja serta hari libur.

Perjalanan kereta api lokal di area Daerah Operasi 1 Jakarta yang dibatalkan mencapai 31 perjalanan. Perincian enam KA Pangrango, relasi Bogor – Sukabumi pulang pergi, 12 KA Lokal Merak, Rangkasbitung – Merak pulang pergi. Enam KA Walahar, Tanjung Priok – Purwakarta, pulang pergi. Empat KA Jatiluhur, Tanjung Priok – Cikampek, pulang pergi, dan tiga KA Siliwangi, Sukabumi – Ciranjang.

Calon penumpang yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh dihubungi oleh Contact Center KAI 121 untuk panduan lebih lanjut. Pembatalan tiket melalui aplikasi juga bisa dilakukan maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dengan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian.

Pembatalan di loket bisa dilakukan di semua stasiun keberangkatan kereta api jarak jauh dan lokal hingga maksimal 30 hari.

Pembatalan itu untuk sementara waktu ditetapkan hingga 30 April 2020. Namun, jika ada perpanjangan waktu, PT KAI akan menyampaikan informasi.

Berikut stasiun untuk melayani pembatalan tiket yang buka setiap hari, Senin hingga Minggu, pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Stasiun Gambir
Stasiun Pasar Senen
Stasiun Jakarta Kota
Stasiun Bogor Paledang
Stasiun Cikampek
Stasiun Rangkasbitung
Stasiun Serang
Stasiun Bekasi

(ra/tempo)

DISKUSI: