Sumber: kompas.com

Jombang, Liputanislam.com– Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Ma’ruf Amin melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional KH Abdul Wahab Chasbullah di Komplek Pesantren Tambak Beras, Jombang, di sela kunjungan kerjanya ke Jombang, Jawa Timur, Kamis (23/1). Wapres mengaku bahwa sosok Kiai Wahab Chasbullah adalah panutan dan teladan baginya.

Wapres Kiai Ma’ruf memimpin doa untuk almarhum lalu menaburkan bunga di atas pusara makam ulama besar berpandangan modern yang lahir di Jombang, Jawa Timur pada 31 Maret 1888 itu. Kiai Wahab Chasbullah wafat  pada 29 Desember 1971 ini juga dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 7 November 2014 oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai sama-sama pernah menjadi Rais Aam PBNU, Kiai Chasbullah bagi Wapres adalah sosok teladan, contoh ideal baginya. “Sosok K.H. Wahab Chasbullah buat saya, merupakan role model, ideal Rais ‘Am PBNU. Ada empat kriteria minimal yang harus dimiliki Rais ‘Am: faqih (ahli fikih), munadhdhim (organisatoris), muharrik (penggerak), dan mutawarri‘ (terjaga pergaulannya). Kiai Wahab memiliki keempatnya,” tulis Kiai Ma’ruf dalam sebuah buku.

Kiai Wahab Chasbullah memulai dakwahnya dengan mendirikan media massa atau surat kabar, yaitu harian umum “Soeara Nahdlatul Oelama” atau Soeara NO dan Berita Nahdlatul Ulama. Bersama KH. Hasyim Asy’ari keduanya menghimpun tokoh pesantren dan mendirikan Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) pada tahun 1926. Ia juga berperan membentuk Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi).

Baca: Menag: Wawasan Keislaman dan Kebangsaan Satu Paket

Selain itu, pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan, bersama Kiai Hasyim Asyari dan Kiai Abbas dari Cirebon, Kiai Wahab Chasbullah merumuskan Resolusi Jihad sebagai dukungan terhadap perjuangan kemerdekaan. Melalui resolusi jihad itulah terjadi kebangkitan besar kalangan santri melawan penjajah hingga meletus pertempuran hebat di Surabaya pada 10 November 1945, yang sekarang diperingati sebagai Hari Pahlawan. (aw/republika/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*