Wapres Minta Khatib Jumat Masukan Materi Industri

0
86

Sumber: CNN Indonesia

Jakarta, LiputanIslam.com — Ketua Umum Ikatan Khatib Dewan Masjid Indonesia Hamdan Rasyid di Jakarta, Selasa (14/1), mengatakan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin berpesan kepada seluruh khatib Jumat untuk memasukkan materi yang mendorong peningkatan industri halal dalam negeri.

“Pak Kyai (Wapres Ma’ruf Amin) berpesan agar dalam khotbah mampu meningkatkan kualitas masyarakat, terutama soal tradisi halal, bagaimana kita menjadi negara yang memproduksi makanan, minuman dan kosmetik halal,” kata Hamdan Rasyid usai menemui Wapres Ma’ruf Amin di Kantor Wapres Jakarta.

Hamdan mengatakan dorongan khotbah ibadah salat Jumat bisa menjadi media efektif dalam menyampaikan instruksi Wapres Ma’ruf tersebut. Sehingga masyarakat diharapkan dapat bergerak menciptakan usaha mikro, kecil dan menengah untuk produk halal.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi penghasil produk-produk halal, baik bagi kebutuhan dalam negeri maupun untuk diekspor ke negara lain.

Dengan sumber daya yang besar untuk menjadi produsen halal, Indonesia seharusnya dapat menguasai pasar produk halal yang saat ini justru dipegang oleh negara dengan penduduk muslim sedikit yakni Brasil dan Australia.

Produsen halal terbesar di dunia saat ini dirajai Brasil dengan nilai ekspor mencapai 5,5 miliar dolar AS, sementara Australia berada di posisi kedua dengan nilai ekspor 2,4 miliar dolar AS.

Baca juga: DMI Ingin Khotbah Sebarkan Islam Moderat

Sebelumnya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ekonomi syariah Indonesia berkembang cukup pesat tetapi belum mampu mensejahterakan umat. Karena itu ia mendorong perkembangan keuangan syariah.

Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia merupakan negara dengan penduduk mayoritas muslim dan ekonomi syariah untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan.

“Ekonomi syariah akan memperkokoh ketahanan ekonomi nasional. Ekonomi umat masih tertinggal, keterlibatan umat yang semakin besar dalam kegiatan ekonomi langsung akan meningkatkan kesejahteraan,” ujar Ma’ruf Amin dalam pembukaan ISEF di Jakarta, Rabu (13/11/2019).

Ma’ruf Amin menambahkan dirinya bersama Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin langsung pengembangan ekonomi syariah dan keuangan syariah di Indonesia. (Ay/Antara/CNBC)

DISKUSI: