Wamenag: Asrama Haji Siap Dijadikan RS Darurat Corona

0
78

Sumber: republika.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Menteri Agama (Wameneg), KH Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan bahwa sesuai arahan pemerintah pihaknya terus berupaya ikut berkontribusi melawan wabah virus corona (covid-19). Termasuk Kementerian Agama (Kemenag) juga siap menyediakan asrama haji sebagai rumah sakit (RS) darurat covid-19.

“Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan teknisnya tetap dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dan pemerintah daerah setempat,” ucapnya di Jakarta pada Minggu (29/3).

Menurutnya, Kemenag sudah membuat skala prioritas, seperti yang telah berjalan adalah RS Haji Pondok Gede yang melayani banyak pasien Covid-19. Kemenag meminjamkan gedung utama Asrama Haji Pondok Gede sebagai fasilitas perawatan pasien dalam pemantauan (PDP).

“Fasilitas yang digunakan 70 kamar untuk keperluan mengkarantina orang yang berstatus PDP. Mereka dirawat sambil menunggu kepastian hasil tes Covid-19, ketika sudah dinyatakan positif akan dikirim ke RS rujukan,” ujarnya.

Baca: PBNU Imbau Masyarakat Tidak Paksakan Diri Mudik Lebaran

Ia juga menjelaskan, jumlah asrama haji yang dimiliki Kemenag ada 16 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. “Kami juga terus melakukan koordinasi dengan seluruh Kantor Wilayah Kemenag untuk mendapat masukan dari mereka tentang kawasan yang sangat membutuhkan bantuan penanganan wabah Covid-19 ini,” tambah Wamenag. (aw/republika/detik).

DISKUSI:
SHARE THIS: